Senin, 02 November 2015



Psikologi Manajemen adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengatur atau me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan.


Organisasi adalah sekumpulan orang yang bernaung dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama.

Kelompok adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang berinteraksi satu sama lain dan saling bergantung dalam rangka memenuhi tujuan bersama.

Macam-macam kelompok :
  1. Kelompok formal
  2. Kelompok informal
  3. Kelompok komando
  4. Kelompok tugas

Fungsi kelompok bagi anggotanya :
  1. Fungsi kelompok sebagai pemenuhan kebutuhan para anggotanya
  2.  Fungsi kelompok sebagai penunjang dan pemantap dari identitas diri dan pemelihara harga diri
  3. Fungsi kelompok sebagai penetap dan penguji realitas sosial
  4. Fungsi kelompok sebagai mekanisme pemecahan masalah dan pelaksanaan tugas

Interaksi antar anggota kelompok
Setiap kelompok kerja terdiri dari sejumlah tenaga kerja yang saling mempengaruhi dan saling tergantung namun derajatnya tidak selalu sama. Adapun beberapa modelnya :
  1. Kelompok interaksi, pada kelompok ini, para anggotanya saling tergantung agar dapat menyelesaikan  tugas dengan baik.
  2. Kelompok koaksi, pada kelompok ini anggota dari kelompok bekerja sama dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, namun cenderung tidak saling tergantung satu dengan yang lainnya.

Fungsi dari manajemen : 
  1. Planning (Perencanaan), adalah proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan dating serta penentuan strategi dan taktik yang tepat. 
  2. Organizing (Pengorganisasian), adalah proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah ditentukan dalam perencanaan dalam sebuah struktur organisasi yang tangguh, efisien, efektif, dan kondusif 
  3. Directing (Pengarahan), yaitu proses pengarahan agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak organisasi. 
  4.  Controlling (Pengendalian), merupakan proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

0 komentar :

Posting Komentar