Minggu, 13 November 2016

ANALISIS PAPER

Rangkuman Paper
Jurnal yang berjudul Pengembangan Aplikasi Tes IQ (INTELLIGENCE QUOTIENT) Pada Anak Usia Dini Berbasis Web ini berisi mengenai penelitian yang dilakukan oleh tiga mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali, yang bernama Ni Komang Fitrianingsih, I Gede Mahendra Darmawiguna, dan Gede Saindra Santyadiputra. Penelitian yang dilakukan oleh ketiga mahasiswa tersebut berupa pengembangan dari aplikasi tes IQ pada anak usia dini yang berbasis website sehingga tes tersebut tidak lagi diadakan secara manual. Tes IQ pada anak umumnya berupa puzle atau permainan balok- balok dan juga mengenal benda (gambar benda). Tes IQ masih dilakukan secara manual dengan membacakan semua soal kepada peserta tes. Selain itu, hasil dari tes tersebut baru diketahui oleh peserta tes setelah beberapa hari karena harus diperiksa secara manual.
Melihat kondisi seperti itu maka, peneliti dalam jurnal ini mengembangakan sebuah aplikasi tes IQ pada anak usia dini berbasis web. Sehingga tes IQ untuk anak usia dini tidak lagi dilakukan secara manual. Dengan adanya bantuan komputer, tes IQ dapat dilakukan tanpa membacakan soal kepada peserta tes dan hasil dari tes tersebut dapat dilihat oleh peserta tes.
Tes IQ yang digunakan ialah tes CPM atau Colour Progressive Matrics. Tes ini dikembangkan oleh J. C. Raven dan dirancang untuk digunakan bagi anak-anak serta untuk keperluan-keperluan klinis. Materi tes metode CPM terdiri dari 36 item/gambar. Item ini dikelompokkan menjadi 3 kelompok atau 3 set yaitu set A, set AB dan set B dengan tingkat kesulitan soal yang berurutan.
Penelitian tersebut bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi tes IQ berbasis web, serta mengetahui respon anak usia dini terhadap aplikasi tersebut. Pengembangan aplikasi tes IQ (Intelligence Quotient) pada anak usia dini berbasis Web ini mengunakan proses SDLC (System Development Life Cycle) dengan model waterfall yaitu model yang bersifat sistematis dan berurutan dalam membangun perangkat lunak, mulai dari tahap analisis, desain, implementasi, testing, operation, dan maintenance. Selain itu juga menggunakan siklus hidup pengembangan perangkat lunak dalam bentuk sekuensial linier atau model air terjun. Fitur utama dari aplikasi ini adalah beberapa gambar puzzel berdasarkan aspek yang diterapkan dalam ilmu psikologi.
Berdasarkan analisis terhadap aplikasi ini, terdapat proses-proses yang akan diimplementasikan, yaitu:
1. Aplikasi dapat melakukan validasi login administrator.
2. Aplikasi dapat melakukan validasi pendaftaran peserta tes.
3. Aplikasi dapat melakukan pengelolaan data peserta.
4. Aplikasi dapat melakukan pengelolaan data soal.
5. Aplikasi dapat melakukan pengelolaan detail tes.
6. Aplikasi dapat melakukan pengelolaan tes online.
7. Aplikasi dapat memperlihatkan hasil tes IQ online.
Selain itu juga dijelaskan tujuan pengembangan dari aplikasi ini diantaranya, yaitu:
1. Sistem mampu melakukan validasi login administrator.
2. Sistem mampu melakukan validasi pendaftaran peserta tes.
3. Sistem mampu melakukan pengelolaan data peserta.
4. Sistem mampu melakukan pengelolaan data soal.
5. Sistem mampu melakukan pengelolaan detail tes.
6. Sistem mampu melakukan pengelolaan tes online.
7. Sistem mampu memperlihatkan hasil tes IQ online.
Adapun tujuan lain dalam jurnal ini, yaitu: (1) merancang dan mengimplementasikan aplikasi tes IQ (Intelligence Quotient) pada anak usia dini berbasis web. (2) mengetahui respon anak usia dini terhadap aplikasi tes IQ pada anak usia dini berbasis Web.
Hasil dari penelitian ini yaitu rancangan dan implementasi aplikasi Tes IQ (Intelligence Quotient) Pada Anak Usia Dini Berbasis Web telah berhasil dilakukan. Perancangan dilakukan dengan menggunakan model fungsional berupa DFD (Data Flow Diagram), yang diimplementasikan dalam bahasa pemrograman PHP. Seluruh kebutuhan fungsional telah berhasil diimplementasikan sesuai dengan rancangan.
Peneliti jurnal ini juga melakukan pengujian aplikasi yang dilakukan sesuai dengan tata rancang dan teknik pengujian perangkat lunak dengan menggunakan angket yang telah dirancang. Pengujian dilaksanakan pada Sabtu, 20 Juni 2015 dengan penguji yaitu anak PAUD TK Negeri Pembina Singaraja yang berjumlah 20 orang dan seorang psikolog selaku pengguna administrator. Pengujian tes ini dilakukan dengan tujuan yaitu:
Menguji kebenaran alur web Tes IQ pada anak usia dini berdasarkan rancangan antarmuka.
Mengetahui kebenaran semua tombol navigasi dan penggunaan kursor yang terdapat pada web Tes IQ pada anak usia dini.
Mengetahui respon anak terhadap web Tes IQ pada anak usia dini.
Dari pengujian didapat hasil 75% menyatakan sesuai dan 25% menyatakan tidak sesuai. Hal tersebut menandakan bahwa hasil pengujian mendapatkan hasil positif dan layak dipergunakan. Dengan hasil persentase dari responden sebesar 90,4% menandakan bahwa aplikasi tes IQ ini sudah mampu dikatakan sangat baik dan dapat membantu pengguna atau user.
Berdasarkan hasil pengujian dari aplikasi ini.disimpulkan bahwa aplikasi tes IQ pada anak usia dini dapat berjalan dengan baik dan aplikasi ini membantu melakukan tes IQ secara digital yaitu melalui website serta respon dari pengguna sangat terbantu dengan adanya tes IQ berbasis web ini.

Kelebihan Paper

  1. Berdasarkan hasil dari analisis jurnal, terdapat beberapa kelebihan dari jurnal ini, antara lain :
  2. Metodologi yang digunakan dijelaskan secara rinci dengan dilengkapi ilustrasi sehingga lebih mudah dipahami.
  3. Menyajikan saran untuk peneliti yang akan mengembangkan aplikasi terkait selanjutnya.
  4. Interface yang disajikan di dalam jurnal cukup menarik.
  5. Adanya penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari aplikasi tes ini


Kekurangan Paper

  1. Berdasarkan hasil dari analisis jurnal, terdapat pula beberapa kekurangan dari jurnal ini, yaitu :
  2. Kajian teori yang digunakan belum cukup kuat dan terbatas.
  3. Tujuan penelitian tidak diungkapkan secara rinci.
  4. Tes IQ yang diaplikasikan kurang bervariasi.
  5. Pelaksanaan penelitian tidak dijelaskan secara rinci.
  6. Kesimpulan yang dituliskan hanya sebatas keberhasilan aplikasi


DAFTAR PUSTAKA

Fitrianingsih, N. K., Darmawiguna, I. G. M., & Santyadiputra, G. S. (2015). Pengembangan Aplikasi Tes IQ (INTELLIGENCE QUOTIENT) Pada Anak Usia Dini Berbasis Web. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI). Volume 4 (4).

0 komentar :

Posting Komentar