Jumat, 01 April 2016

Berbagai macam teknik dalam terapi psikoanalisis merupakan teknik yang cukup terkenal diantara berbagai teknik psikoterapi. Teknik psikoanalisis yang memiliki kelebihan salah satunya yaitu memiliki dasar teori yang kuat, membuat terapi ini banyak digunakan sebagai teknik pilihan terapis dalam menyelesaikan masalah klien. Adapun teknik-teknik dalam terapi psikoanalisis antara lain :

1. Analisis mimpi
Merupakan teknik yang menyingkap materi yang tidak disadari oleh klien.
2. Asosiasi bebas
Asosiasi bebas merupakan teknik yang mengembalikan kembali pengalaman-pengalaman di masa lalu klien beserta dengan pelepasan emosi yang sebelumnya direpres yang berkaitan dengan peristiwa traumatik di masa lalu klien.
3. Analisis dan penafsiran resistensi
Yaitu teknik terapi yang mempunyai tujuan agar klien menyadari tentang alasan-alasan yang ada di balik resistensi klien.
4. Analisis dan penafsiran transferensi
Merupakan teknik utama dalam terapi psikoanalis, karena teknik ini membantu klien untuk menghadirkan kembali masa lalu dari klien.

Namun, dari keempat teknik diatas, teknik yang menjadi favorit saya adalah analisis mimpi. Mengapa? Karena sesungguhnya mimpi itu memang perwujudan dari alam bawah sadar tiap individu yang mungkin direpres dari alam sadar dan diwujudkan melalui mimpi. Dengan analisis mimpi, dapat memungkinkan klien menemukan sumber dari masalahnya yang mungkin tidak disadari oleh dirinya sendiri. Dengan menemukan sumber dari masalah klien, akan memudahkan terapis untuk membantu klien dalam memahami dan menghadapi masalah tersebut. Seperti kata dari pencetus teori psikoanalisis, Sigmund Freud, bahwa mimpi adalah perwujudan dari materi yang tidak disadari bahkan oleh individu itu sendiri.

Referensi :

Bertens, K. (2006). Psikoanalisis sigmund freud. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Semiun, Yustinus. (2006). Tepri kepribadian dan terapi psikoanalitik. Yogyakarta: Kanisius.
indryawati.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/21332/TERAPI+PSIKOANALISIS.doc (diakses 31 Maret 2016)

0 komentar :

Posting Komentar